Monday, March 28, 2022

Penerapan PDE

 

PDE EVERDAY 



Setelah mengikuti kegiatan penataran kurang lebih ampir 21 hari, banyak hal baru yang saya pelajari baik pengalaman secara ilmu maupun penggalaman bertemu dengan teman-teman dari berbagai daerah dari seluruh indonesia. walaupun ternyata teman-teman penataran saya ternyata masih pada muda-muda dari segi umur dari saya, alahmdulillah saya dapat mengikuti kegiatan dengan baik.

Dengan mengikuti penataran ini saya jadi berfikir untuk mengembangkan teknologi informasi di satuan yang dapat dimanfaatkan dan dmaksimalkan penggunaannya teknologi Cloud, seperti contoh untuk pengeditan dokumen saya pikir mulai sekarang satuan sebaiknya mulai menggunakan Google Suite Offiece, karena untuk mendukung kegiatan paper less, selain untuk menghemat biaya dan mengurangi sampah. 

Penggunaan Google doc untuk satuan saya rasa sangat efektif, selain dapat mengurangi sampah dapat menghemat waktu pengerjaan karena dapat dikoreksi kapanpun dan dimanapun oleh Dansat atau Staf TUUD.

Dengan memulai pengunaan Google Suite pada adminstrasi satuan saya pikir akan sangat menghemat waktu, biaya dan tenaga hanya untuk mengkoreksi, mencetak dan memngatarkan surat kebagia2anya dalam satuan. untuk penyimapanan pun saya pikir untuk pengguaan Google drive harus sangat dimanfaatkan dengan baik untuk media penyimpanan baik berupa Surat2 maupun gambar yang dirasa perlu disimpan atau diarsipan agar dapat secara cepat diakses kembali tanpa mencari di lemari asrip bang biaya perawatanya bisa dikatakan mahal.

Untuk satuan Dislaikad yang mempunyai Mobilitas tinggi saya rasa penggunaan media Cloud sangat membantu ketika staf kelaikan akan melakukan kegiatan me-Laiki Alutsista ke berbagai daerah diindonesia, tanpa harus membawa kertas (data) yang banyak dapat menyimpan semua file didalam Google Drive, sehingga dapat mengurangi resiko kehilangan arsip atau data dalam bentuk kertas yang bisa saja tercecer atau jatuh pada saat perjalanan menuju satuan yang akan diperiksa kelaikannya.

Hanya saya yang perlu dipikirkan adalah SDM untuk pengoperasian pen-digitalisasian disatuan, harus diadakan makin penataran, sosialisasi dan bimtek bagi SDM yang akan mengawaki pendigitalisasian pada Satuan Dislaikad.

Mungkin penerapan Google Suite di Dislaikad bisa dimulai dari proses surat keluar yang sudah menggunakan Google Docs, yang dihimpun ke bag Tuud, dan diteruskan ke Kadis atau sesdis.ketiaka sudah disetujui baru bisa dicetak, hal ini sangat menghemat waktu dan biaya.


No comments:

Post a Comment